Selasa, 20 April 2010

Pertemuan Fasilitator dengan Walikota Balikpapan

Kota Balikpapan sesuai surat Walikota Balikpapan No. 050.13/052/Bpd-Bfp/IX/2009 akan berpartisipasi dalam program Nasional Percepatan Pembangunan Sanitasi Perkotaan (PPSP). Kota Balikpapan telah menjadi satu di antara 41 kota se-Indonesia yang ditetapkan dalam PPSP. Adapun untuk melaksanakan program ini, Pemerintah Pusat memberikan bantuan fasilitasi dengan menugaskan fasilitator provinsi, Adi Sudarmanto dan fasilitator kota, R. Ach.Maghfurrahman.

Program ini merupakan upaya bersama untuk mengejar ketertinggalan dalam pembangunan sanitasi, menjadikan sanitasi sebagai suatu hal esensial bagi bersama, sekaligus untuk mendorong upaya pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Kota Balikpapan, dalam menyusun perencanaan strategis pembangunan sektor sanitasi yang komprehensif dan koordinatif (strategi sanitasi kota/SSK).

Adapun target yang ingin dicapai dalam kurun waktu 2010-2014 adalah kesadaran masyarakat untuk tidak buang air sembarangan (2014), perbaikan pengelolaan sampah dan TPA berwawasan lingkungan (sanitary landfill dan controlled landfill), dan pengurangan genangan seluas 22,500 hektare. Tentunya keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan sejak tahapan perencanaan, pelaksanaan dan monev, dan dukungan implementasi secara berkelanjutan.

Langkah-langkah terdekat dalam penyusunan SSK yakni tahap persiapan dengan menggalang dukungan seluruh pemangku kepentingan serta membentuk lembaga ad-hoc lintas sektor sebagai wadah koordinasi tanpa mengurangi peranan SKPD, dilanjutkan dengan penyusunan Buku Putih sebagai instrumen pemetaan kondisi sanitasi kota serta strategi saat ini berdasar pada data sekunder dan primer yang nantinya akan menjadi dasar penyusunan SSK, dan yang terakhir adalah penyusunan SSK itu sendiri, yang meliputi aspek teknis, kelembagaan sanitasi, keuangan sanitasi, komunikasi sanitasi, partisipasi masyarakat, gender dan kemiskinan, sektor swasta, lembaga non pemerintah, serta akses masyarakat terhadap sarana sanitasi dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (Kutip dr: Humas Balikpapan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar